Sahabat Itu…..

Sahabat itu menurut saya adalah mereka yang dekat dengan kita, bukan dalam arti dekat secara fisik, tapi dekat secara emosional dan perasaan, yang mengerti seperti apa kita, yang kita percayai sebagai tempat membagi apapun yang kita rasakan. Yang tak pernah pergi ketika kita sedang sendiri, yang tak pernah membungkus kepalsuan dengan kebaikan, yang menyemangati ketika kita sedang rapuh, yang turut berbahagia atas segala pencapaian yang kita raih.

Saya punya beberapa sahabat dengan karakter  yang berbeda-beda, dan mereka saling melengkapi. Begitupun sebaliknya, saya juga adalah sahabat bagi mereka dan berusaha menjadi seperti apa yang saya inginkan dari sosok sahabat.  Dalam perjalanannya pasti ada saja hal-hal yang kadang membuat kita berbeda, membuat kita saling memarahi, tapi pada akhirnya semua akan kembali pada arti sahabat yang sebenarnya.

Ada gak sih sahabat yang menyakiti?
Kadang, seorang sahabat memang harus “menyakiti” sahabatnya, menyampaikan kejujuran meskipun menyakitkan daripada membiarkan sahabatnya terus menerus berada dalam ruang yang salah. Seketika pasti akan menyakitkan, namun pada akhirnya semua itu adalah karena wujud kasih sayang mereka.

Kalau dia yang menutupi kebenaran karena menjaga perasaan sahabatnya itu gimana?
Saya lebih appreciate pada mereka yang jujur dari pada mereka yang berpura-pura baik menutupi kebenaran. Saya lebih suka disentil atau dijewer daripada dielus-elus saat berbuat salah. Begitu pula yang saya inginkan dari sahabat saya.

Kadang saya tak habis pikir, apa yang ada di pikiran sahabat saya, ketida dia menutupi pengkhianatan dalam selubung kata unfaithful yang dilakukan orang yang saya kasihi (ini curhat lho..😀 ) Cukup lama saya dibiarkan dalam ketidaktahuan, dan kepolosan saya dalam mencintai. Hingga pada akhirnya saya harus tahu hal yang sebenarnya dari orang lain. So hurt banget lho rasanya. Coba kalau dari dulu sahabat saya sudah jujur dengan mengatakan hal menyakitkan ini, pasti sakitnya gak akan segini dalam kan. Coba dia yang saya kasihi itu benar-beanr setia dengan perkataan dan sikapnya, pasti gak akan kejadian seperti ini kan. Lama banget lho saya diduakan, dibiarkan tidak mengerti, dan parahnya ada campur tangan sahabat saya sendiri dalam perselingkuhan ini (ups..semakin menjadi curhatnya).  Dan dengan polosnya sahabat saya bilang “demi menjaga perasaan kamu” Pengen marah, pengen menyalahkan, pengen balas dendam, tapi toh kemarahan dan dendam saya tak akan mengubah apapun.

Bukan salah siapa-siapa siihh.. Saya yakin tidak ada yang kebetulan kan. Semua pasti sudah ada yang mengatur, dan pastinya juga sudah berada dalam porsi yang diperhatikan oleh Tuhan. Kalau gak dikhianati seperti ini saya tidak akan belajar bangit kan, saya tidak akan tahu mana sahabat mana yang berpura-pura baik kan, dan saya juga tidak akan berusaha untuk menajdi pribadi yang lebih baik.

Baiklah, take a deep breath dand move on😀

Postingan kali ini dalam rangka curhat dengan tema tanya sendiri jawab sendiri😀

12 thoughts on “Sahabat Itu…..

  1. sahabat. . .

    kenapa saya gak bisa mengartikan sahabat ya mba widya?
    buat idah, sahabat di dunia ini tidak ada?
    yang ada hanya teman, teman baik, teman baik sekali (saudara).😉

  2. sahabat itu bisa mendengar meski kita memanggilnya cuma dalam hati. aku punya temen deket dari SMA (3 th semeja) tapi pas lulus SMA sampe sekarang pisah pulau, tapi tiap aku inget biasanya dia email, YM, SMS gitu dan sebaliknya, seperti telepati, ehehe…🙂

  3. setuju ma pendapatnya mba wid..intinya dia harus berani kritik atau memberi tahu ketika kita khilaf ataupun ada hal yang berhubungan dengan kita. Tp juga dia tidak datang pada saat butuhnya saja😀, untuk masalah curhatnya hehe semoga diberi kebaikan lagi mba nanti nya🙂..

    • yoi mas, itu salah satu fungsinya sahabat kan😉

      hehehehe..aamiin aamiin,,wah jadi malu, saya suka lupa diri gitu sih kalau curhat jadi panjang deh😀

Leave a Reply

