Migrain

Pagi – pagi sudah kena migrain itu sesuatu banget😀. Entah kenapa setelah beberapa minggu tidak pernah lagi merasakan migrain, tiba-tiba pagi ini dia datang lagi. Dulunya saya memang sering kena migrain terutama ketika punya banyak kerjaan dan panic terhadap suatu kondisi.

Migrain atau nyeri kepala sebelah umumnya disebabkan oleh ketegangan otot, sehingga disebut juga tension headache. Sakit kepala seperti ini berbeda dengan sakit kepala akibat otot leher tegang atau akibat sinusitis. Meski nyeri hanya dirasakan pada satu sisi kepala saja, namun nyerinya bisa berpindah.

Meskipun belum diketahui penyebab pastinya, namun diperkirakan migraine ini disebabkan adanya hiperaktivitas impuls listrik otak yang meningkatkan aliran darah di otak dan mengakibatkan terjadinya pelebaran pembuluh darah otak serta proses inflamasi (peradangan). Itu menurut beberapa artikel yang saya baca😀

Menurut salah satu riset, wanita 3 kali lipat lebih rentan terhadap gangguan ini. Hal ini disebabkan migrain terkait dengan fluktuasi kadar hormon estrogen dan progesteron. Oleh sebab itu penyakit ini lebih sering terjadi pada wanita-wanita yang telah memasuki masa pubertas., dimana hormon-hormon reproduksinya mulai aktif bekerja.

Tak hanya itu saja, migrain kadang terpengaruh juga dengan pergantian cuaca. Sebuah penelitin mengungkapkan bahwa ada sekitar 51% penderita migrain sensitif terhadap perubahan cuaca. Ada yang terkena migrain ketika cuaca berubah menjadi panas dan kering atpi ada juga yang tiba-tiba kambuh saat cuaca berubah menjadi lembab dan dingin.

Tapi migrain juga related dengan makanan, pada sebagian orang ada beberapa makana yang dapat memicu migrain, seperti misalnya alkohol, kopi, cokelat, dan beberapa tambahan makanan seperti MSG atau pemanis buatan lainnya.

Gaya hidup juga sebenarnya berperan pada terjadinya penyakit ini. Misalnya gaya hidup yang semrawut rentan terhadap stress, pola makan tidak teratur, kurang tidur, dan sebagainya. Misalnya saja stres, ketika stress tubuh akan memproduksi hormon adrenalin yang lebih banyak yang akhirnya menimbulkan ketegangan. Kepala, otot leher, dan bahu berkontraksi sehingga menyebabkan sakit kepala.

Ketika sudah terkena serangan migrain,ada beberapa tips untuk sedikit mengurangi nyerinya. Antara lain : beristirahat, mengompres bagian yang nyeri dengan air dingin atau air es, minum obat pereda sakit.

4 thoughts on “Migrain

  1. migrain ya? kalau sy migrain biasanya karena telat makan…tapi sy kalau minum kopi justru hampir ga pernah migrain..kalau dah migrain..dari punggung sebelah sampai kening dekat mata itu rasanya ga enak…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s