Private Browser Itu Ada Lho Guys

Pagi ini saya menemukan ada yang beda dengan perangkat kerja saya. Selain meja kerja yang acak-acakan (biasanya acak-acakan juga sih, tapi pagi ini super acak-acakan :D), ada hal lain yang sedikit aneh. History browser saya penuh dengan situs-situs “sampah” yang menurut saya tidak tepat kalau diakses dari komputer dan koneksi kantor. Ya walaupun saya tahu orang-orang kantor memang sudah dewasa semua (artinya tidak ada yang sesusia anak-anak), tapi saya rasa tidak etis kalau mereka atau salah satu dari mereka mengakses situs dewasa di koneksi kantor dengan komputer kerja orang lain pula.

Saya sangat mengerti kok kalau fasilitas yang saya pakai ini adalah fasilitas umum milik kantor. Yang artinya saya tidak pernah berkeberatan kalau ada orang lain yang menggunakan komputer ini. Tapi setidaknya ya jangan gunakan untuk mengakses sesutu yang bersifat semacam itu lah.

Tapi saya sedikit menghargai kok, dia tidak membersihakn history atau menggunakan private browser yang artinya dia tidak beritikad untuk menghilangkan jejak  (mungkin belum tau caranya, hehehe..).

Saya tidak berharap dia membaca tulisan ini, tapi sebenarnya dia bisa lho menghapus history atau menggunakan private browser agar jejak-jejaknya tidak saya ketahui. Walaupun sebenarnya cara semacam ini tidak saya rekomendasikan untuk membenarkan aktivitas dia🙂

Cara yang paling umum digunakan untuk menghapus jejak browsing kita adalah clear history, cookies, atapun autocomplete pada form. Salah satu tool yang dapat digunakan misalnya CCleaner. CCleaner adalah tool gratis yang dapat digunakan untuk membersihkan cache secara otomatis  pada berbagai browser populer, misalnya Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, ataupun Opera. Selain menggunakan tool tersebut, ketika menggunakan browser Firefox clear history bisa juga dilakukan dari Option Tools – Clear Recent History. Dari wizard tersebut kita akan diberikan beberapa opsi,misalnya poin-poin apa saja yang akan dibersihkan, dan jeda waktu apakah 1 jam yang lalu, 2 jam yang lalu, dan lain-lain. Atau bila menggunakan Google Chrome, clear history dapat dilakukan dengan menekan tombol Ctrl+ Shift+Del untuk menampilkan wizard Clear Browsing Data. Lalu seperti pada Firefox, kita akan diberikan beberapa opsi mengeni poin-poin yang ingin kita bersihkan dan jeda waktu.

Selain itu, ada lho private browser yang sebenarnya bisa dia gunakan. Sebenarnya private browser ini dulunya hanya ada di browser Safari, namun dalam perkembangannya browser-browser lain juga sudah mengikuti meskipun dengan istilah yang berbeda.

Bila menggunakan Firefox, private history dapat kita jalankan dari menu Tools-Start Private Browsing, atau tekan tombol Ctrl+Shift+P, cara yang sama juga digunakan untuk menghentikan private browsing. Fitur ini tidak akan menyimpan history browsing, search, download, web form, cookies, dan file temporary internet pada komputer kita selama kita menggunakan privat browser ini.

Bila menggunakan browser Google Chrome, privat browsing ini biasa diistilahkan dengan sebutan Incognito, dapat dilakukan dari icon Customize and Control Google Chrome, icon ini dilambangkan dengan gambar kunci ( )biasanya ada di pojok kanan atas  lalu pilih opsi New Incognito Window. Fitur tersebut memungkinkan kita mengakses halaman-halaman web tanpa meninggalkan jejak yang biasanya tersimpan oleh browser. Jadi segala aktivitas kita termasuk cookies akan terhapus dari browser ketika browser ditutup atau dikembalikan ke Normal Mode.

Perlu diketahui, saya menulis hal ini bukan untuk memberi dia celah atau opsi keamanan untuk browsing situs-situs yang tidak semestinya diakses di koneksi dan fasilitas kantor, tetapi informasi ini bisa dipakai untuk mereka yang ingin lebih aman dalam melakkukan browsing terutama di fasilitas yang bukan pribadi, misalnya di warnet. Karena bagaimanapun juga aktivitas browsing ini mebuat jejak kita terbaca, tidak terkecuali hal pribadi kita.

Semoga bermanfaat, dan terimakasih untuk dia yang telah meninggalkan history “sampah” di komputer kantor yang saya pakai, setidaknya dia telah menginspirasi saya untuk menulis tentang apa itu private browser😀. Dan maaf karena informasinya masih sangat sedikit saya hanya menggunakan 2 browser sebagai pembanding, karena hanya 2  browser itu yang sering saya gunakan, hehehehe

12 thoughts on “Private Browser Itu Ada Lho Guys

  1. jadi ingat dulu, para petinggi yang justru melihatnya😀..karena memang ditempat sy bekerja dulu memang ketat. untuk divisi non IT itu hanya para petinggi yang bisa internet nge browsing.. para petinggi di tiap divisi pun kalau ketahuan buka itu (ada log nya di bagian IT) akan di block situs itu😀..

    • kalau di tempat saya tidak seketat itu sih mas, sebenarnya saya juga tidak bermasalah dengan adanya hal-hal seperti itu, cumaaaa..kenapa harus pakai komputer kerja orang lain, hehehehe…

  2. luar biasa.. disela2 kesibukan memberikan pelayanan prima kepada klien, anda masih sempat membuat tulisan.. salut salut… tetap sehat dan tetap semangat..😀

  3. luar biasa, disela2 kesibukan melayani para klien dan membuat modul pelatihan, anda masih sempat untuk menulis.. salut sekali saya.. tetap sehat dan tetap semangat..😀

    *pantes gaweane ra rampung2, jebul malah ngeblog.. -> mbatin

    • hahahahaha…opo to iki mas kok ada salam sehat dan semangat pula?
      weeee…alur pekerjaannya kan dari kamu baru ke aku, lha dari kamu gak selesai-selesai ya sudah saya tinggal nge-blog saja😛

      • loh anda ya jangan menyalahkan saya dong, tadinya saya sudah mau kerja, tapi malah ‘dipaksa2’ mampir ke blog ini.. mau tidak mau saya harus baca dulu semua tulisan anda.. kerjaan saya jadi tambah terbengkalai deh jadinya..

      • hahahaha…wah ada ada saja mas Danan ini,
        saya kan tidak memaksa, Anda sendiri yang selalu ngebet nyuri-nyuri waktu untuk maen ke blog saya😛

        wekekeekek..sudah sudah mas, selesaikan dulu pekerjaanmu, kae lho wes ditunggu pak Dimas, pak Ugm, pak QPTC, pak Apik,.nah banyak banget kan antrian penggemarmu😀

Leave a Reply

