Browser Itu …..

Beberapa hari yang lalu saya terlibat sebuah pembicaraan unik dengan seorang kostumer yang menanyakan kenapa demo design website nya tidak bisa diakses. Karena pembicaraannya by phone, saya bermaksud menanyakan browser yang dia pakai. Karena mungkin saja kan, Bapak itu menggunakan browser yang belum compatible. Kurang lebih begini :

Saya : gak bisa diaksesnya gimana pak, ada tampilan error atau hanya blank?

Bapak : gak ada isinya apa-apa mbak

Saya : alamatnya sudah benar seperti yang saya sms kan pak?

Bapak : sudah *sambi mengeja alamat url

saya : Bapak pakai browser apa?

Bapak : gak pakai brosur kok mbak, ini baru mau lihat designnya aja, brosur juga belum punya

saya : *speechles

Dan karena tingkat kesabaran dan kemampuan explain saya masih kelas teri, maka saya arahkan telepon itu kepada teman saya yang tingkat kesabarannya sudah kelas kakap, hehehe…

Tanpa bermaksud men-diskreditkan si Bapak itu, setidak nya saya tahu, bahwa mereka yang berkutat di bidang internet kadang juga belum familier dengan istilah-istilah internet, saya pun sebenarnya begitu😀

Sebenarnya saya juga gak ngerti sih apa itu browser, hehehehe tapi karena Bapaknya sudah sangat berbeda mengartikan browser, maka saya tertarik untuk mencari tau tentang si browser ini. Menurut wikipedia, browser disebut juga penjelajah web, yaitu perangkat lunak yang berfungsi untuk menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web.

Atau bisa diartikan bahwa browser adalah sebuah perangkat lunak atau aplikasi yang menterjemahkan kode html dan menampilkan halaman website. Browser inilah yang seringkali kita gunakan untuk browsing atau menjelajah di internet. Ada beberapa macam browser yang bisa kita gunakan, misalnya Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome, Internet Explorer (IE), Safari,dan lain-lain. Untuk browser seperti Firefox, Google Chrome, atau Internet Explorer adalah browser yang berjalan di OS Windows, sementara untuk Safari merupakan salah satu browser yang berjalan di bawah OS Linux.

Kalau saya pribadi, browser yang paling familier saya gunakan dalah Firefox atau Chrome, selain tidak terlalu banyak memakan memory, menurut saya kedua browser tersebut updatenya mudah, simple namun memiliki tingkat security yang kuat.

12 thoughts on “Browser Itu …..

Leave a Reply

