Malas-Malasan

Do Your Work

Sebenernya ini jam kerja lho. Tapi kok ya malas sekali rasanya untuk segera menyelesaikan sisa pekerjaan yang sebenarnya tinggal sedikit lagi. Mungkin dampak dari 2 hari libur, dan pekerjaan kantor yang kebetulan sudah finished sejak 2 hari lalu, tinggal ada 1 pekerjaan lagi yang dikerjakan dengan malas-malasan😀

Malas itu apa sih? Kok bisa tiba-tiba datang, bahkan sering. Menurut kamus bahasa Indonesia, malas diartikan dengan “tidak mau bekerja, atau mengerjakan sesuatu”, dapat juga diartikan dengan “segan, tidak suka, tidak bernafsu”. Orang yang sedang malas biasanya cenderung lebih senang melakukan hal-hal ringan yang sebenarnya kurang bermanfaat, daripada hal -hal pokok yang seharusnya ia selesaikan. Dampaknya dapat kita deskripsikan sendiri, dan pastinya merugikan.

Dan hari ini, si malas itu datang kepada saya😀. Ketika sedang malas, iseng-iseng saya searching tentang apa itu malas, dan bertemulah dengan salah satu blog yang membahas tentang motivasi atau tips untuk menghadapi malas. Di dalam blog tersebut, kurang lebih isinya seputar percakapan antara seorang yang sedang malas, dengan motivator Mario Teguh. Kurang lebih isi pembicaraan nya seperti ini :

“Waktu muda dulu, apa cara Pak Mario untuk mengatasi rasa malas?”

Kemudian, Pak Mario Teguh menjawab :

“Saya berjalan di pasar, agar saya malu melihat
jiwa-jiwa baik yang sederhana itu bekerja keras.

Saya berjalan di kampung yang kumuh dan miskin,
agar saya serius belajar menjadi pengangkat
bagi yang masih lemah hidupnya.

Saya berjalan di kuburan,
agar saya berketetapan menjadi pribadi
yang bernilai bagi sesama
sebelum saya dibaringkan di situ.”

Hohoho..dalem sekali jawaban Pak Mario itu. Beberapa saat saya terdiam. Kalau bapak-bapak atau ibu-ibu renta kuli pasar itu yang bekerja di panas dan hujan dengan penghasilan yang tidak menentu saja tidak pernah malas, kok yang kerjanya di belakang meja, di ruangan tertutup, tidak kepanasan, tidak kehujanan masih bisa malas.

Bersyukur pada apa yang sudah diamanahkan untuk saya, agar tidak menjadi insan yang mendustakan nikmat. Keep fighting!!🙂

Leave a Reply

