Jangan Galau

Akhi-akhir ini sedang trend istilah “galau” ya. Saya baru saja membaca thread di sebuah forum yang membahas tentang galau, cukup inspiring karena dalam thread atau artikel itu, penulis juga menuturkan tips-tips menghindari galau.

Jangan Galau

Kalau dalam bahasa Inggris, galau bisa diartikan dengan confusion. Kalau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan perasaan yang tidak menentu, bingung, terhadap sesuatu yang dia hadapai (misal masalah), sehingga dampaknya emosi menjadi labil, pikiran pusing, nafsu makan menurun, bahkan insomnia.

Siapapun itu pasti pernah merasakan galau, misalnya ketika mau ujian tapi ga ngerti  materi apa yang harus dipelajari, apalagi ketika diputusin pacar, wkwkwwk😀. Apapun itu, ketika galau melanda memang semua terasa tidak menyenangkan, namun ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk meminimalkan perasaan galau, menurut thread yang saya baca di antaranya :

  1. Berhenti menyalahkan diri sendiri. Anggap saja apa yang terjadi pada kita saat ini adalah bentuk kasih sayang Tuhan, hal ini akan memotivasi diri kita karena Tuhan tidak akan memberikan ujian melebihi batas kemampuan umatNya.
  2. Hadapi dengan senyum, dan selalu berpikir positif, dengan begitu kita akan lebih merasa relax dalam menghadapi semua masalah.
  3. Selalu merasa beruntung, sehingga kita bisa men-syukuri semua yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Bila perlu sekali-kali jalan-jalan ke tempat yang berbeda, misalnya tempat pembuangan sampah, kolong jembatan, atau pemukiman di bantaran sungai untuk melihat orang-orang yang jauh kurang beruntung daripada kita.
  4. Lakukan kegiatan positif dan berguna, dan nikmati. Kebahagiaan ada bukan hanya ketika kita memperoleh sesuatu, tapi juga ketika dapat melakukan sesuatu untuk orang lain.
  5. Dengarkan lagu-lagu yang disuka. Telah terbukti bahwa lagu dapat membantu memperbaiki mood kita, dan meningkatkan semangat.
  6. Berkumpul dengan keluarga atau sahabat, sehingga kita tidak merasa sendiri, kita bisa mencurahkan semua masalah yang kita hadapi, dan pastinya akan mendapat banyak solusi dari orang-orang terdekat kita.
  7. Hadapi apa pun yang akan terjadi. Seburuk apapun kondisi jika kita mencoba menghindari yang ada bukannya menyelesaikan masalah, namun bisa jadi malah memperburuk masalah. Untuk itu, hadapi lah, karena ada nilai dan pelajaran di balik itu semua.
  8. Perbanyak beribadah. Manusia bisa berusaha, namun kewenangan selebihnya adalah pada Allah.  Mintalah solusi pada pemilik alam ini, dan temukan kedamaian di dalamnya.

Kurang lebih seperti itu, keep spirit yuukk,, biarkan waktu mendewasakan kita.🙂

Bonus : Titi DJ – Galau

Titi DJ -Galau

2 thoughts on “Jangan Galau

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s