Sekilas Catatan Tentang Vertigo

vertigo_image

Sudah kira-kira 2 minggu ini, ibu saya sering sekali mengeluh tetang kepalanya yang sering pusing. Bahkan sampai menganggu aktivitas, kalau sakit kepalanya datang seisi kamar rasanya berputar semua, begitu kata beliau. Rasanya kasihan melihat kondisi ibu saya ketika sakit kepalanya kambuh, tiba-tiba saja langsung pucat, tidak bisa beranjak bahkan kadang sampai mual dan muntah.

Sebenarnya sudah 2 kali periksa ke dokter yang berbeda, namun dari keduanya hasilnya masih nihil, sakit kepalanya memang hilang ketika masih dalam perwatan obat, tapi kalau obatnya habis pasti kambuh lagi. Saya sempat searching-searching di Google mengenai gejala-gejala yang dirasakan ibu saya. Dan kebanyakan result nya mengarah ke vertigo. Tapi hasil pencarian saya itu kan  belum bisa dijadikan patokan. Baru setelah periksa ke dokter yang ke-3, sedikit ada gambaran tentang pusing-pusing yang sering dirasakan ibu saya. Sebenarnya dokter tidak secara gamblang menyebutkan bahwa ibu saya terkena vertigo, namun dari salah satu obat yang diberikan, dan setelah saya tanyakan pada teman saya yang kebetulan seorang pharmacyst, memang benar itu obat untuk vertigo.

Sebenarnya mendengar istilah vertigo sudah tidak begitu asing, tetapi saat itu saya belum terlalu tertarik dengan penyakit itu😀 hehehehe. Menurut beberapa sumber yang saya baca, vertigo berasal dari bahasa Yunani, vertere yang artinya memutar. Dan memang gejalanya seperti itu. Seseorang yang terserang vertigo, akan merasakan pusing atau sakit kepala yang seolah-olah badannya berputar-putar (vertigo subyektif), atau ruangan di sekitarnya serasa berputar (vertigo obyektif). Menurut salah seorang dokter ahli syaraf, vertigo disebabkan oleh 3 hal, yaitu gangguan tepi (gangguan pada telinga), gangguan sentral (gangguan pada otak kecil, atau  batang otak), dan gangguan sistemik (gangguan metabolisme kardio vaskuler).

Gejala vertigo pada umumnya, sakit kepala yang ditandai dengan gerakan ilusi, seolah-olah penderita merasa berputar-putar, atau bahkan lingkungan sekitarnya serasa berputar. Kadang disertai mual, muntah, berkeringat, dan gerakan mata yang abnormal. Rasa pusing berputar-putar ini bisa terjadi dalam hitungan menit, bahkan jam. Gejala ini tidak serta merta terjadi, namun biasanya terjadi ketika penderita melakukan perubahan posisi kepala, misalnya gerakan kepala secara mendadak, atau gerakan kepala ke arah tertentu.

3 thoughts on “Sekilas Catatan Tentang Vertigo

    • pencegahan dini vertigo adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. kalau sudah terkena vertigo, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala vertigo, misalnya : jangan langsung panik, cari posisi yang nyaman untuk duduk atau berbaring, tidur dengan posisi kepala agak tinggi, bangun secara perlahan atau duduk terlebih dahulu sebelum kita berdiri dari posisi tidur, gerakkan kepala secara berhati-hati. Dan yang lebih penting adalah segera berkonsultasi dengan dokter.

      Semoga bermanfaat ya🙂

Leave a Reply

